Blog ini adalah tempat saya menyimpan sekaligus berbagi tips seputar dunia blogging

Cara Memasang Google Analytics Untuk Blog AMP


Sebelum lebih jauh membahas seputar cara memasang script Google Analytics khusus untuk Blog yang memakai fitur Accelerated Mobile Pages atau Halaman yang dipercepat untuk tampilan smartphone,tentunya perlu untuk Anda ketahui terlebih dahulu pengertian sekaligus fungsi kode tracking dari Google ini.

Apa sih Google Analytics itu?

Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan performa dan statistik pengunjung sebuah situs web atau blog.

Dengan menggunakan layanan Google Analytics kita bisa memantau dari mana saja pengunjung blog berasal,berdasarkan pada halaman pengacu.misalnya sumber backling,email marketing,mesin pencarian dan lain-lain.

Untuk registrasi Google Analytics,kita hanya butuh satu akun Google saja.karena satu akun Google sudah terintegrasi dengan semua layanan Google.kalau belum punya akun Google Analytics,silahkan registrasi dahulu di http://google.com/analytics.

APA MANFAAT MELETAKKAN TRACKING CODE DARI GOOGLE UNTUK BLOG?


Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa,fungsi dari tracking code google analytics adalah untuk memantau dari mana saja sumber traffic blog.mulai dari kata kunci atau keyword,browser,negara pengunjung dan lain-lain.

Dengan mengetahui sumber traffic blog,di harapkan nantinya bisa memaksimalkan performa blog Anda di hasil SERP Google.bukankah ini yang diinginkan oleh semua Blogger?.

LALU BAGAIMAN CARA MEMASANG GOOGLE ANALYTICS PADA BLOG AMP?


Untuk memasang Google Analytics,sebenarnya ada dua macam cara.

Pertama,memasang aanalytics secara otomatis dengan meletakkan kode string di dalam pengaturan dashboard blogger.

Kedua,memasang analytics dengan cara manual.yakni dengan meletakkan script Google analytics di dalam template Blog.

Karena pada kesempatan kali ini kita akan memasang tracking code tersebut pada Blog Custom AMP,maka gunakan cara yang kedua saja agar tidak terjadi kesalahan atau menyebabkan blog anda tidak valid AMP.jika anda pasang secara otomatis,maka kode Google Analtytics di dalam template berekstensi HTML biasa,bukan AMP HTML.

Untuk memasangnya pada blog AMP,silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Masuk ke akun Blogger Anda
  2. Setelah berada di dalam dashboard blogger,pada sidebar kiri sobat pilih Template atau Tema
  3. Pilih Edit HTML
  4. Selannjutnya akan muncul deretan kode template Blog.
    Lihat Gambar...!!

    Cari kode </head> pada deretan kode template tersebut.jika sudah ketemu,Kemudian letakkan script berikut di atas kode </head>.
    <script async='async' custom-element='amp-analytics' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-analytics-0.1.js'/>
  5. langkah berikutnya cari kode <body> atau <body itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WebPage'>.dan letakkan script analytics berikut ini tepat di bawahnya.

    <amp-analytics id='analytics1' type='googleanalytics'>
    <script type='application/json'> { &quot;vars&quot;: { &quot;account&quot;: &quot;UA-82899994-1&quot; }, &quot;triggers&quot;: { &quot;trackPageview&quot;: { &quot;on&quot;: &quot;visible&quot;, &quot;request&quot;: &quot;pageview&quot; } } } </script>
    </amp-analytics>

    Ganti kode analytics yang bercetak tebal dengan kode analytics blog anda.
  6. Selesai
Nah,mudah bukan?silahkan di terapkan langsung di dalam blog anda cara memasang Google Analytics di Blog AMP ini.
 
Copyright © 2016
Created by Kang Ismet and DroidPluss