Blog ini adalah tempat saya menyimpan sekaligus berbagi tips seputar dunia blogging

Cara Embed Video Youtube di Blog AMP



Cara Embed video youtube - Cara menyematkan atau memasang video youtube ini sangat penting yang harus Anda ketahui jika memakai Blog Accelerated Mobile Pages yang dikhusukan untuk pengguna smartphone tersebut.

Mengapa memasang video yang bersumber dari youtube?

Video kadang diperlukan untuk sebuah blog,jika blog tersebut mengangkat segmen hiburan maupun tutorial sehingga memudahkan pengunjung dalam memahami makna yang terkandung dalam sebuah artikel.

Perlu untuk diketahui bahwa Youtube merupakan web berbagi Video milik Google.siapapun bisa menggunakan layanan berbagi video ini,asal memiliki akun Google.

Web ini di buat oleh tiga mantan karyawan PayPal,sebuah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.(Wikipedia).

Ketiga pembuat youtube tersebut adalah Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.mereka bertiga membuat web berbagi video ini pada tahun 2005,dan saat ini sudah di akuisisi Google sejak 2006 yang lalu.

Untuk info lengkap seputar Youtube,baiknya Anda browsing saja.karena pada Artikel ini,saya tidak bermaksud menjelaskan secara terperinci mengenai Youtube.

Namun,saya akan berbagi cara memasang Youtube pada Postingan Blog,khususnya Blog Custom Amp.

Video youtube sering kali di gunakan oleh blogger sebagai pelengkap artikel.biasanya video tersebut berupa tutorial,berita,atau sekedar video numpang tenar di dunia maya.

Penyematan atau pemasangan video youtube pada blog Custom AMP berbeda dengan cara biasanya. Kita tidak bisa begitu saja meletakkan kode embed youtube di dalam postingan.

Meskipun tetap bisa ditampilkan,namun akan menjadi sebab terjadinya error pada blog AMP.

Maka,kita harus menggunakan amp youtube yang memang khusus di rancang untuk Amp HTML.

cara pemasanganya pada postingan blog,silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Silahkan Login ke akun Blogger terlebih dahulu
  2. Kemudian pada dashboard Blogger,pilih Template atau Tema.lanjutkan dengan klik Edit HTML.

    Lihat Gambar..!



    Pada mode edit HTML Template Blog,silahkan Cari kode </head> pada template blog anda.kemudian pastekan script di bawah ini tepat di atas kode </head> tersebut.

    <script async='async' custom-element='amp-youtube' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-youtube-0.1.js'/>
  3. Selanjutnya pilih Video youtube yang ingin anda letakkan pada postingan blog.lihat dan copy URL video youtube tersebut.
  4. Berikutnya kunjungi situs YouTube dan pilih Video yang ingin anda gunakan.setelah ketemu,sorot Address Bar browser dan Copy alamat URL-nya.

    Contoh Url Youtube : https://youtu.be/to0PE3OoN_g

    Lihat ID youtube pada URL yang bercetak tebal,ID tersebut yang akan kita pakai.
  5. untuk pemasanganya,gunakan kode seperti di bawah ini,Copy dan Pastekan pada postingan blog anda.
    <amp-youtube width="480" height="270" layout="responsive" data-videoid="to0PE3OoN_g"></amp-youtube>

    Ganti ID youtube yang bercetak tebal dengan ID youtube yang ingin anda gunakan.

    Hasilnya seperti cara embed youtube di bawah ini (Klik untuk memutar video) :



Manfaat pemasangan atau embed video youtube sebagai pelengkap artikel blog,akan sangat di rasakan bagi pengunjung,karena mereka akan mendapat penjelasan yang lebih detil tentang artikel yang sedang si baca.

Selain itu,dengan memasang video youtube di dalam blog halaman mobile yang dipercepat ini(yang padat pengunjung),tentu akan meningkatkan Views bagi video Youtube tersebut.sehingga kesempatan mendapat subcriber akan lebih banyak lagi.
 
Copyright © 2016
Created by Kang Ismet and DroidPluss